Book Description

  • Published Date: 20 Jun 2024
  • Modified Date: 20 Jun 2024
Download

Statistika Pendidikan

By. NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd

Dalam persoalan alat ukur yang digunakan evaluator ketika melakukan kegiatan evaluasi sering dihadapkan pada persoalan akurasi, konsisten, dan stabilitas sehingga hasil pengukuran yang diperoleh bisa mengukur dengan akurat sesuatu yang sedang diukur. Instrumen ini memang harus memiliki akurasi ketika digunakan. Konsisten dan stabil dalam arti tidak mengalami perubahan dari waktu pengukuran satu ke pengukuran yang lain. Data yang kurang memiliki validitas akan menghasilkan  kesimpulan yang kurang sesuai dengan yang seharusnya, dan  bahkan bisa saja bertentangan dengan kelaziman. Untuk membuat alat ukur instrumen itu, diperlukan kajian teori, pendapat para ahli, dan pengalaman pengalaman yang kadang diperlukan bila definisi  operasional variabelnya tidak kita temukan dalam teori. Alat ukur  atau instrumen yang akan disusun itu tentu saja harus memiliki  validitas. Hal tersebut agar data yang diperoleh dari alat ukur itu bisa reliabel, valid dan disebut dengan validitas.