Book Description

  • Published Date: 12 Aug 2021
  • Modified Date: 12 Aug 2021
Download

BIOSTATISTIK DASAR UNTUK PERAWAT

By. Ners NIA APRILLA S.Kep, M.Kep

Menurut kamus Oxford dictionary of statistics (2002, p.349), Statistik merupakan “ilmu mengumpulkan, menyajikan dan menganalisa data.” Statistik penting dalam kegiatan yang bersifat ilmiah. Statistic juga memiliki tempat di hati pecinta olahraga, khususnya baseball. Roger Angel dalam buku baseball-nya, Late Innings, mengatakan bahwa “statistik adalah makanan untuk cinta”.

Biostatistik adalah cabang dari ilmu statistik yang berhubungan dengan biologi, baik percobaan terhadap tumbuhan, binatang, atau sel hidup, juga percobaan terkontrol terhadap manusia, yang disebut sebagai clinical trial. Statistik diklasifikasikan oleh disiplin ilmu sains karena berhubungan dengan banyak metode standar yang umum pada masalah-masalah statistik dalam bidang-bidang ilmu lai, metode khusus telah dikembangkan khusus untuk disiplin ilmu tertentu. Jadi, sebagai gambaran, dalam biostatistik, kita belajar tentang data  longitudinal, missing data models, pengujian ganda (multiple testing), equivalence dan noninferiority testing,  relative risk and odds ratios, group sequential and adaptive design, dan survival analysis, karena tipe-tipe data dan metode ini muncul dalam uji klinis dan studi medis lainnya. Membuat perencanaan statistik mempertimbangkan interval pertimbangan dan rancangan percobaan. Statistik environmental konsentrasi terhadap analisis spasial data dan begitu pula dengan geostatistik. Ekonometrik adalah cabang dari statistic yang dipelajari oleh ekonom dan berhubungan dengan banyak ramalan dan rangkaian waktu.

Ahli statistik adalah professional terlatih dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisi data dan teori distribusi yang memberikan ciri variabilitas data. untuk menjadi seorang ahli statistik terapan, perlu dipelajari tentang teori probabilitas dan metode Statistika Inferensi seperti yang telah dikembangkan oleh Sir Ronald A.Fisher, Jerzy Neyman, Sir Harold Jeffreys, Jimmie Savage, Bruno deFinetti, Harald Crammer, Will Feller, A.N. Kolmogorov, David Blackwell, Erich Lehmann, C.R. Rao, Karl danEgon Pearson, Abraham Wald, George Box, William Cochran, Fred Mosteller, Herman Chernoff, David Cox dan John Turkey pada abad 20