Book Description

  • Published Date: 28 Jan 2022
  • Modified Date: 28 Jan 2022
Download

MANAJEMEN STRATEGI

By. Dr. SAMSURIJAL. HS S.P, M.M

Di era digitalisasi 4.0 organisasi mendorong untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja untuk dapat bersaing dengan para pesaing yang merupakan bagian dari manajemen strategis

Manajemen strategis berfokus kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat dan mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk kegiatan apapun, terutama dalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat dan tdisusun secara terorganisir akan membuat sebuah organisasi dapat lebih mudah melaksanakan misi untuk mencapai visi sehingga tujuan dan sasaran organisasi maupun perusahaan dapat tercapai dan terlaksana.

Selain itu manajemen strategi juga harus menggunakan analisis SWOT singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat kontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda Opportunities (peluang) serta Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Selain itu dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan. 

Pentingnya Manajemen Strategi ini selain visi, misi serta tujuan dan sasaran tercapai termasuk dapat memperoleh inovasi dan keunggulan kompetitif suatu organisasi maupun perusahaan dan Masih banyak lagi yang dapat dijelaskan di Buku ini yang dilakukan oleh penulis terkait serta berhubungan dengan Manajemen Strategi.