Book Description

  • Published Date: 04 Mar 2023
  • Modified Date: 04 Mar 2023
Download

BUKU AJAR BAGIAN I (BAB I DAN II) NUTRISI RUMINANSIA PETERNAKAN

By. PUTRI ZULIA JATI S.Pt, M.Pt

Ternak ruminansia memilki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan ternak nonruminansia, khususnya terletak pada saluran pencernaannya. Hal tersebut tentunya berdampak terhadap nutrisi yang dibutuhkan. Ilmu nutrisi ruminansia mempelajari bagaimana nutrisi yang diberikan kepada ternak ruminansia sesuai dengan kondisi fisiologisnya.

Kehidupan mikrobiologi di dalam rumen memiliki peran yang sangat penting bagi produktivitas ternak ruminansia, karena hampir 80% proses pencernaan merupakan peran dari mikroorganisme. Oleh karena itu pengetahuan tentang mikrobiologi rumen diperlukan guna mengoptimalisasi pemanfaatannya sehingga akan meningkatkan produktivitas ternak. Manipulasi rumen dimungkinkan untuk meningkatkan kualitas absorbsi zat-zat makanan dari pakan untuk ternak ruminansia.

Metabolisme zat-zat makanan ternak ruminansia dan ternak nonruminansia juga memiliki perbedaan, khsususnya pada metabolisme lipida yaitu terjadinya proses biohidrogenasi yang memberikan dampak terhadap produk ternak ruminansia kaya akan lemak jenuh.

Pemberian zat makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan sesuai fase fisiologisnya sangat penting guna mencapai tujuan dari pemeliharaan ternak ruminansia, yaitu produktivitas yang optimal. Jika pakan yang kita formulasikan tidak sesuai dengan kebutuhan ternak dapat berakibat pada gangguan metabolisme ternak karena suplai zat-zat makanan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh ternak. Kondisi tersebut akan memberikan dampak terhadap ketidaktercapaian target produksi yang kita harapkan.

Mengingat pakan ternak ruminansia tidak bersaing dengan pakan manusia, maka ternak ruminansia merupakan ternak masa depan karena kemampuannya untuk mengkonversi pakan berkualitas rendah menjadi produk pangan hewani yang berkualitas tinggi. Pengetahuan tentang bahan pakan penyusun ransum ternak ruminansia dan metode penyusunan formulasi ransum juga dibutuhkan guna mencapai target produksi yang kita harapkan disamping faktor ekonomis yang harus kita perhatian.