Kegiatan Awal Pembelajaran |
1 |
Dosen menjelaskan silabus di awal perkuliahan |
4.48 |
Baik |
2 |
Dosen menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai |
4.59 |
Sangat Baik |
3 |
Dosen menginformasikan kompetensi yang harus dicapai mahasiswa |
4.48 |
Baik |
4 |
Dosen menjelaskan garis besar materi yang akan dipelajari selama satu semester pada awal perkuliahan |
4.59 |
Sangat Baik |
5 |
Dosen menginformasikan jenis tugas perkuliahan yang akan dikerjakan dalam satu semester |
4.59 |
Sangat Baik |
6 |
Dosen menjelaskan keterkaitan mata kuliahnya dengan mata kuliah lain |
4.63 |
Sangat Baik |
7 |
Dosen menjelaskan aturan-aturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan |
4.56 |
Sangat Baik |
8 |
Dosen menyampaikan sumber referensi yang digunakan dalam perkuliahan |
4.52 |
Sangat Baik |
9 |
Dosen menjelaskan komponen penilaian hasil belajar |
4.44 |
Baik |
10 |
Dosen menjelaskan manfaat mata kuliah dalam kehidupan |
4.48 |
Baik |
Pelaksanaan Pembelajaran |
1 |
Dosen memasuki kelas dengan mengucapkan salam |
4.44 |
Baik |
2 |
Dosen menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman mahasiswa |
4.48 |
Baik |
3 |
Dosen memusatkan perhatian mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan |
4.44 |
Baik |
4 |
Dosen memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa |
4.48 |
Baik |
5 |
Dosen membangkitkan minat belajar mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan |
4.41 |
Baik |
6 |
Dosen mengupayakan partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan |
4.48 |
Baik |
7 |
Dosen mengupayakan terjadinya interaksi belajar mahasiswa secara intensif |
4.52 |
Sangat Baik |
8 |
Dosen menggunakan strategi pembelajaran yang mendorong rasa ingin tahu mahasiswa |
4.44 |
Baik |
9 |
Dosen membangkitkan minat mahasiswa. untuk mengajukan pertanyaan |
4.56 |
Sangat Baik |
10 |
Dosen memberikan jawaban atas pertanyaan mahasiswa |
4.44 |
Baik |
11 |
Dosen memberikan penguatan terhadap pendapat mahasiswa |
4.48 |
Baik |
12 |
Dosen melaksanakan kegiatan pengelolaan kelas |
4.44 |
Baik |
13 |
Dosen menyampaikan materi kuliah secara terstruktur |
4.52 |
Sangat Baik |
14 |
Dosen menguasai materi perkuliahan |
4.56 |
Sangat Baik |
15 |
Dosen memberikan contoh yang relevan dengan materi perkuliahan |
4.52 |
Sangat Baik |
16 |
Dosen menerapkan model pembelajaran secara inovatif |
4.52 |
Sangat Baik |
17 |
Dosen memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mahasiswa |
4.52 |
Sangat Baik |
18 |
Dosen memberikan tugas terstruktur kepada mahasiswa |
4.52 |
Sangat Baik |
19 |
Dosen memberikan bimbingan terhadap tugas yang dikerjakan mahasiswa |
4.48 |
Baik |
20 |
Dosen mengembalikan tugas yang sudah diperiksa kepada mahasiswa |
4.37 |
Baik |
21 |
Dosen menyimpulkan materi perkuliahan pada akhir pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa |
4.44 |
Baik |
22 |
Dosen menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi |
4.41 |
Baik |
23 |
Dosen mendorong mahasiswa untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran |
4.48 |
Baik |
24 |
Dosen tegas dalam menerapkan aturan yang telah disepakati |
4.41 |
Baik |
25 |
Dosen bersikap ramah |
4.33 |
Baik |
26 |
Dosen menunjukkan sikap arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan |
4.48 |
Baik |
27 |
Dosen mengendalikan emosi dalam melaksanakan pembelajaran |
4.33 |
Baik |
28 |
Dosen berlaku adil dalam memperlakukan mahasiswa |
4.33 |
Baik |
29 |
Dosen berpenampilan yang menarik |
4.44 |
Baik |
30 |
Dosen bersedia menerima saran dari mahasiswa |
4.44 |
Baik |
31 |
Dosen menunjukkan toleransi terhadap keberagaman mahasiswa |
4.41 |
Baik |
32 |
Dosen melaksanakan perkuliahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan |
4.44 |
Baik |
33 |
Dosen memeriksa kehadiran mahasiswa setiap kali kuliah |
4.44 |
Baik |
34 |
Dosen memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang hadir tepat waktu |
4.30 |
Baik |
35 |
Dosen mengajukan pertanyaan pendek untuk mengetahui materi yang belum dikuasai mahasiswa |
4.44 |
Baik |
36 |
Dosen memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk mendukung kegiatan perkuliahan |
4.48 |
Baik |
37 |
Dosen memanfaatkan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan perkuliahan |
4.44 |
Baik |
Penilaian Hasil Belajar |
1 |
Dosen menggunakan instrumen penilaian yang bervariasi untuk menilai hasil belajar |
4.30 |
Baik |
2 |
Dosen menilai secara transparan |
4.41 |
Baik |
3 |
Dosen mengembalikan lembar jawaban ujian yang telah diperiksa |
4.37 |
Baik |
4 |
Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk konfirmasi nilai |
4.44 |
Baik |
5 |
Dosen menilai secara adil dan objektif |
4.37 |
Baik |
6 |
Dosen melaksanakan penilaian sesuai dengan tujuan perkuliahan |
4.44 |
Baik |
7 |
Dosen menginformasikan jadwal ujian sebelum diadakan ujian |
4.41 |
Baik |
8 |
Dosen mengalokasikan waktu ujian sesuai dengan jumlah dan tingkat kesukaran soal |
4.41 |
Baik |
9 |
Dosen memberikan penilaian terhadap sikap mahasiswa |
4.30 |
Baik |
10 |
Dosen melakukan penilaian terhadap keterampilan mahasiswa |
4.37 |
Baik |