Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Index Card Match (ICM) Siswa MIS Ikhwanul Mukminin Binjai
By MUFARIZUDDIN S.Pd, M.Pd
21 Dec 2020
Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Index Card Match (ICM) Siswa MIS Ikhwanul Mukminin Binjai
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase peningkatan (1) Hasil belajar siswa, dan (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada Materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan dengan menggunakan strategiindex card match di kelas IV MIS Ikhwanul Mukminin. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui dua siklus, terdiri dari tahapan perencaaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observation), dan refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIS Ikhwanul Mukminin Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data hasil belajar PPKn dengan menggunakan tes hasil belajar dan aktivitas belajar PPKn siswa dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan observasi.