PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
By NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd
12 Jul 2021
PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah
menerapkan
metode question student have. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana penerapan metode question
student have dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Pahlawan.Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas, Sebagai subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2018-2019 dengan
jumlah siswa sebanyak 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan
metode question student have untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini diselesaikan
dalam 2 siklus setiap siklus ada dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan
dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi dan
dokumentasi.Berdasarkan
hasil penelitian dan analisis data bahwa dengan menggunakan metode question
student have dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
matematika di kelas IV Sekolah Dasar Pahlawan. Sehingga dapat diketahui bahwa
tingkat aktivitas siswa sebelum tindakan 54,28% berada pada kategori kurang tinggi.
Setelah diadakan tindakan pada Siklus I angka berubah naik menjadi 61,07%
dengan kategori cukup tinggi, dan pada Siklus II skor menjadi 80,72% dikategorikan
tinggi.