ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19
By SUMIANTO S.Pd, M.Pd
12 Jul 2021
ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19
Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan karena
saat ini pembelajaran dilakukan di rumah baik guru maupun siswa. Merupakan hal
yang mutlak pembelajaran harus tetap dilaksanakan secara daring. Agar
pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan minat siswa untuk
belajar guru harus menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran, namun
penggunaan media yang dipergunakan guru dalam mengajar masih belum maksimal.Penelitian
ini dilakukan di SDN 028 Rimbo Panjang dengan jumlah subjek sebanyak empat
orang guru yaitu guru kelas 1A, 2A, 3B, dan 4A. Data dikumpulkan menggunakan
observasi secara langsung menggunakan catatan lapangan, wawancara bebas dengan
berpanduan pada indikator media pembelajaran yang baik serta indikator guru
kreatif. Analisis data dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa mereduksi
data atau mengambil data penting dalam penelitian sesuai variabel yang
diteliti, menyajikan data serta menarik kesimpulan. dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN 028 Rimbo Panjang telah terlaksana
pada kategori cukup kreatif. Cukup kreatifnya guru dan belum mencapai kriteria
sangat kreatif disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor keterbatasan waktu
guru dalam merancang media pembelajaran daring, kurangnya pelatihan yang
diterima guru terutama dalam merancang media pembelajaran secara daring baik
dari dari dinas terkait maupun dari swasta yang kompeten dibidangnya. Selain
itu, cukup kreatif guru dalam mengajar disebabkan kurang mendukungnya fasilitas
yang dimiliki untuk kegiatan pembelajaran daring yang dimiliki orang tua maupun
kualitas jaringan yang dipergunakan.