Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Pahlawan
By YANTI YANDRI KUSUMA S.E, M.Pd
17 Jul 2021
Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Pahlawan
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanperencanaan,pelaksanaan,danpenilaiandalammengimplementasikan
pembelajaran tematik di Masa Pandemi Covid- 19 di kelas Dua Pahalwan Di DesaaaRidan Permai. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjekdalam penelitian ini adalah guru kelas
dua, siswa kelas dua, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupabentukuntukkesiapangurukelasdalammengimplementasikanpembelajarantematikdiMasaPandemiCovid-19.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikobservasi,wawancara,dandokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Ujikeabsahan
data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwaguru kelas dua
sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran
guru kelassatu sudah menggunakan
pendekatan saintifik walau tidak urut5M
dan sudah mengacu kepada rambu-rambudan
prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik
yang menilai aspek sikapdengan
observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek
keterampilan dengan unjukkerja
hasil pengamatan observasi yang peneliti lakukan, menemukan beberapa hal yang
menjadi kendala dalampelaksanaan
pembelajaran tematik diantaranya dalam penyusunan RPP, karena format RPP
kurikulum 2013berbeda dengan
kurikulum yang sebelumnya, kesulitan lain yang dialami oleh guru yakni dalam
pelaksanaanproses pembelajaran
tematik, dimana pada saat proses pembelajaranyang pada masa Pandemi Covid -19banyak
siswa yang tidak dapat secara keseluruhan mengikuti pembelajaran karna berbagai
macam kendalaseperti jaringandaritempatmerekayangsusah dapatjaringan dankendala
yang lain