Metode Bermain dalam Lingkaran untukMengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
By RIZKI AMALIA S.Pd.I, M.Pd
22 Jul 2021
Metode Bermain dalam Lingkaran untukMengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui kegiatan
bermain dalam lingkaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun.
Penelitian ini dilakukan di Taman Penitipan Anak Tambusai. Subjek penelitian adalah murid
TPA Tambusai sebanyak 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan.
Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan
untuk 10 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara
dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pra tindakan dilakukan untuk menentukan persentase
kemampuan kognitif sebesar 51.07%, meningkat menjadi 63.39% siklus pertama, dan
meningkat menjadi 84.82% siklus kedua. Peningkatan 84.82% pada siklus kedua
membuktikan bahwa kegiatan bermain dalam lingkaran dapat meningkatkan kemampuan
kognitif anak usia dini. Kemampuan kognitif dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain
dalam lingkaran, di mana dapat melatih daya ingat anak, dapat melatih kemampuan
mendengar, kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan menirukan.
Kata Kunci: bermain dalam lingkaran; kemampuan kognitif; anak usia dini