PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KELAS VII SMP/MTs MATA PELAJARAN MATEMATIKA
By ASTUTI S.Pd, M.Pd
29 Jul 2021
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KELAS VII SMP/MTs MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Perangkat pembelajaran merupakan
perangkat-perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran yang terdiri dari
silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan tes hasil
belajar. Satu dari bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses pembelajaran di
sekolah adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan LKPD berbasis PBL untuk
materi matematika semester I kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian disain (Design
Research) untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk. Model
pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Plomp
dan dinyatakan sebagai model penelitian Plomp. validitas
aspek didaktik, isi dan bahasa pada LKPD berbasis Problem based learning sudah
memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas secara keseluruhan
adalah 3,43 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi dari para validator menunjukkan
bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis problem based learning yang
valid baik dari segi isi, konstruk, dan bahasa, dengan karakteristik seperti
LKPD yang dihasilkan telah disesuaikan dengan
ciri-ciri dari problem based learning. Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa
bahwa Nilai praktikalitas 90,2 %, kemudian angket yang diberikan kepada guru bahwa
Nilai praktikalitas 92 %, berdasarkan tabel praktikalitas bahwa nilai praktikalitas
bernilai sangat praktis. Hasil penelitian juga menunjukan LKPD memenuhi
kriteria praktis dengan karakteristik yaitu adanya kemudahan dalam penggunaan
LKPD berbasis problem based learning.