PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT UNTUK INDUSTRI ASURANSI HIDUP DI WILAYAH YANG DIKEMBANGKAN STUDI KASUS: ASURANSI BNI LIFE DI KOTA BANGKINANG
By Dr. SAMSURIJAL. HS S.P, M.M
31 Jul 2021
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT UNTUK INDUSTRI ASURANSI HIDUP DI WILAYAH YANG DIKEMBANGKAN STUDI KASUS: ASURANSI BNI LIFE DI KOTA BANGKINANG
Dari waktu ke waktu dalam sejarah manusia, dunia dan manusia berubah dengan cepat melawan perkembangan masyarakat. Sejak 1760, telah berlaku revolusi sebanyak 4 kali di sektor industri bersama dengan perkemmbangan perspektif manusia dan gaya hidup masyarakat. Saat ini, asuransi jiwa menjadi salah satu syarat dasar manusia. Sebagian besar bank konvensional juga memperluas cabang mereka ke industri ini. Penelitian ini berfokus untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan asuransi dalam rangka meningkatkan target pelanggan. Penelitian ini menggunakan dua sumber data utama yaitu wawancara bersama dengan kuesioner dan observasi file penelitian termasuk analisis referensi dan analisis laporan tahunan. Penelitian ini menemukan, kekuatan asuransi BNI Life Bangkinang ada di kuadran II dengan strategi Strengths Threats (ST) yang berarti produk asuransi BNI Life dapat terhindar dari ancaman dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan, maka asuransi BNI Life dengan kekuatan ini harus mampu merebut peluang sehingga tujuan yang diinginkan perusahaan dapat tercapai. Dimana, faktor internal terdiri dari kekuatan dengan rata-rata Total Berat Bobot TBB 0,27 dan variabel kelemahan dengan TBB rata-rata 0,15 dengan perbedaan 0,12. Faktor eksternal terdiri dari variabel peluang dengan TBB rata-rata 0,22 dan variabel ancaman dengan TBB rata-rata 0,23 dengan perbedaan negative hanya 0,01.