KONSEKUENSI PENERAPAN MIX PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN BISNIS MIKRO KECIL DAN MENENGAH
DI KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU
By Dr. SAMSURIJAL. HS S.P, M.M
31 Jul 2021
KONSEKUENSI PENERAPAN MIX PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN BISNIS MIKRO KECIL DAN MENENGAH
DI KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU
Usaha Kecil dan Menengah adalah salah satu program prioritas pemerintah Indonesia untuk meningkatkan perekonomian regional dan nasional. Karena industri ini menjadi tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya dimaksudkan untuk mengurangi masalah ketidaksetaraan antara kelompok pendapatan dan antara bisnis, atau mengurangi kemiskinan dan pekerjaan. Sayangnya, persaingan bisnis yang ketat saat ini merupakan tantangan bagi bisnis untuk tetap berada dalam persaingan global. Pengusaha yang tidak bisa memenuhi selera konsumen akan semakin tertinggal dan bisnis tidak akan berkembang. Menentukan pengaruh Bauran Promosi terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kampar adalah tujuan utama dari penelitian ini. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran promosi dan variabel dependen adalah kinerja pemasaran. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel bauran promosi terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kampar. Variabel bauran promosi dan kinerja pemasaran memiliki hubungan yang kuat dengan kontribusi bauran promosi terhadap kinerja pemasaran juga cukup tinggi yaitu 67,60% ditentukan oleh variabel bauran promosi, sedangkan sisanya 32,40% ditentukan oleh faktor lain di luar model. Direkomendasikan kepada para pengusaha UMKM di Kabupaten Kampar, untuk meningkatkan promosi produk sehingga para pengusaha UMKM menjaga penjualan pribadi karena mereka paling dicari oleh konsumen, sehingga dengan meningkatkan penjualan pribadi, itu akan meningkatkan kinerja pemasaran para pengusaha UMKM di Kabupaten Kampar