Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III
SDN 004 Bangkinang Kota Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share.
Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan “model pembelajaran
kooperatif tipe think pair and share untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas III SD”.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus
dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini laksanakan pada SDN 004 Bangkinang Kota
dengan subjek penelitian adalah kelas III SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari sebelum
tindakan dengan rata-rata persentase 27,77%, siklus I tergolong cukup dengan rata-rata persentase 47,77%.
Pada siklus II tergolong aktif dengan rata-rata 75,83%. Jadi, pembelajaran IPA dengan model pembelajaran
kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN 004
Bangkinang Kota.