Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota
By MUFARIZUDDIN S.Pd, M.Pd
13 Aug 2021
Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota
Penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesulitan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Subjek penelitian yang diambil yaitu kelas V yang mempunyai nilai rata-rata matematika masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penyelesaian siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat dalam bentuk essay sebanyak 10 butir soal. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi subjek saat kegiatan belajar mengajar matematika dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar matematika. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas permasalahan yang dihadapi siswa ketika belajar materi operasi hitung bilangan bulat. Dari data hasil tes analisis akhir diperoleh persentase kesulitan siswa dalam keterampilan sebesar 50% termasuk kategori cukup, kesulitan dalam memahami konsep sebesar 23, 3% termasuk kategori kurang dan kesulitan dalam pemecahan masalah sebesar 20% termasuk karegori kurang. Jadi diharapkan guru dalam membentuk pola pengajaran matematika tidak semata-mata ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam menyelesaika soal. Namun yang lebih penting adalah bagaimana cara mengajak siswa untuk memahami dan mengerti serta menguasai konsep-konsep yang ada secara baik dan benar, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar matematika