ANALISIS PEMASARAN KREDIT LUNAK BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY BUMDES RIDAN
By Dr. SAMSURIJAL. HS S.P, M.M
20 Jul 2022
ANALISIS PEMASARAN KREDIT LUNAK BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY BUMDES RIDAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan sulitnya mengajukan pinjaman kredit lunak secara langsung dalam dua tahun terakhir akibat penyesuaian mekanisme pinjaman berbasis digital di badan usaha milik desa Ridan Permai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pemasaran kredit lunak berbasis financial technology yang dilakukan oleh badan usaha milik desa Ridan Permai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 20 orang. Jumlah responden mewakili satu rukun tetangga saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pemasaran kredit lunak berbasis financial technology ini perlu pendamping yang lebih banyak dan sosialisasi yang harus lebih intens. Kontribusi hasil riset ini memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan masyarakat saat menggunakan aplikasi financial saat mengajukan kredit lunak mereka untuk mengembangkan usahanya masing-masing, melalui pengajuan kredit lunak berbasis financial technology yang disediakan oleh badan usaha milik desa ini, masyarakat juga bisa menghemat waktu karena mereka tidak harus mengantri saat pengajuan pinjaman.