Penerapan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
By NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd
24 Jan 2023
Penerapan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Penelitian ini berawal dari siswa menganggap Matematika sebagai pelajaran
yang sulit dan menjenuhkan, sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang
semangat untuk belajar dan bertanya. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan
metode Quick on the Draw. Dengan suasana permainannya diharapkan dapat menjadikan
pembelajaran yang tadinya sulit menjadi berkesan dan menyenangkan sehingga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Quick on the Draw.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan
tiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu
tahap persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas V Sekolah Dasar Pahlawan. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun dan mengatur data,
mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan
gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, di mana sebelum dilakukan tindakan
diperoleh 34,3% dengan kategori kurang. Sedangkan setelah melakukan tindakan
perbaikan dengan penerapan metode Quick on the Draw pada siklus I, motivasi belajar
siswa terjadi peningkatan yaitu 65,2% dengan kategori baik. Tindakan pada siklus II juga
terjadi peningkatan motivasi siswa menjadi 81,6% dengan kategori baik sekali. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Quick on the Draw dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah
Dasar Pahlawan