Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar
By YANTI YANDRI KUSUMA S.E, M.Pd
15 Feb 2023
Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar
Pembelajaran berdiferensiasi
menciptakan suasana belajar yang mengundang murid untuk belajar, melalui
pembelajaran ini akan semakin memperjelas tujuan pembelajaran.(Astiti et al., 2021). Pembelajaran
berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid.
Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid
mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan
yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan
tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran
berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau
tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan
antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran
berdiferensiasi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar,
kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas,
terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan
belajar murid, dan manajemen kelas efektif.