Meningkatkan Keterampilan Menulis Poin Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar
By NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd
07 Jun 2023
Meningkatkan Keterampilan Menulis Poin Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
siswa dalam menulis pantu. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut
adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan
peningkatan keterampilan menulis pantun dengan model kooperatif make a match di
sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan
empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah 12 siswa kelas V, 3 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa meningkat pada setiap
siklusnya. Pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 55,75 dengan ketuntasan
klasikal 25%, meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 59,92 dengan
ketuntasan klasikal 50%, meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 73,58
dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II
pertemuan I adalah 81,42 dengan ketuntasan klasikal 83,34% dan meningkat pada
siklus II pertemuan II yaitu sebesar 90,75 dengan ketuntasan klasikal 91,67%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun
siswa kelas V SDN 004 Bangkinang Kota.