PENERAPAN MODEL DISCOVERY LERNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR 007 BANGKINANG
By SUMIANTO S.Pd, M.Pd
07 Nov 2023
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LERNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR 007 BANGKINANG
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN 007 Bangkinang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi/pengamatan (lembar observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa), lembar tes soal evaluasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN 007 Bangkinang pada pratindakan nilai rata-rata 53,40 dengan persentase ketuntasan belajar 36%. Pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata 71,13 dengan persentase ketuntasan belajar 45% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,40 dengan persentase ketuntasan belajar 64%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 80,59 dengan persentase ketuntasan belajar 77%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 87,22 dengan persentase ketuntasan belajar 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajan Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN 007 Bangkinang.