Penerapan Model Pembelajaran Project Best Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar
By NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd
20 Jun 2024
Penerapan Model Pembelajaran Project Best Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar
Metodologi pembelajaran Project Best Learning (PJBL) adalah metodologi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek kehidupan nyata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. PJBL bertujuan untuk mendorong siswa terlibat dalam pembelajaran aktif, kolaborasi, berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan kreatif mereka. Artikel ini bertujuan guna pengujian keefektifan model pembelajaran PJBL yang diterapkan di sekolah dasar yang dapat mampu memberikan peningkatan kualitas pembelajaran yang di sajikan di lembaga pendidikan. Artikel ini mengkaji implementasi dari pembelajaran model Project Best Learning guna memberikan peningkatn dari kualitas pendidikan yang disajikan di lembaga sekolah dasar dengan menggunakan metode literature review. Pada tahap penelitian, artikel yang sudah diterbitkan diidentifikasi dan diseleksi. Artel ini memberikan hasil bahwasannya implementasi model pembelajaran PJBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Siswa aktif, berpartisipasi dalam pembelajaran dan berkolaborasi. Mereka juga mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, dan upaya dalam memecahkan sebuah masalah yang lebih baik melalui proyek yang berkaitan dengan kehidupan mereka. Secara keseluruhan tulisan ini menyimpulkan bahwa implementasi dari pembelajaran menggunakan metode PjBL dapat memberikan penigkatan yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran di lembaga di sekolah dasar. PJBL mendorong siswa untuk aktif belajar, berkolaborasi dan mengembangkan pemikiran kreatif dan kritis. Dengan diperkenalkannya PJBL diharapkan pembelajaran di sekolah dasar menjadi lebih menarik, bermakna dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.