PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
By HIDAYAT S.Ag, M.Ag
09 Jul 2024
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi, tempat dan harga terhadap loyalitas pelanggan di PT.Perkebunan Nusantara XIV Kota Makassar. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah 120 konsumen dengan teknik penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin dan sampel di dalam penelitian ini adalah 92 orang. Teknik analisis data menggunakan Penguji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, ,Uji hipotesis anais regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian dalam uji t (0,000 < 0,05) menunjukan bahwa produk, promosi, tempat dan harga berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan dengan mendapatkan nilai Fhitung lebih besar dari ftabel (66,195 > 2,48)Kata Kunci: Produk, Promosi, Tempat, Harga, Loyalitas Konsumen