Penelitian
Peeningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards di SDN 163 Pekanbaru
By IIS APRINAWATI S.Pd, M.Pd
23 Aug 2024
Penelitian
Peeningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards di SDN 163 Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas V SDN 163 Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) yang didukung oleh
penggunaan flash cards. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan dua siklus, melibatkan 22 siswa dan data dikumpulkan melalui observasi,
tes keterampilan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
CIRC efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, meskipun
terdapat keterbatasan seperti hambatan penyesuaian jadwal, kurangnya jumlah
pengamat, dan tidak digunakannya lembar observasi khusus untuk model CIRC.
Meskipun demikian, temuan ini mengindikasikan bahwa model CIRC dapat menjadi
metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar.