Analisis Tingkat Kualitas Modul Ajar Mahasiswa Jenjang Pendidikan Dasar melalui Pembuatan Modul Ajar
By Dr. RAMDHAN WITARSA S.Pd, M.Pd
01 Jun 2025
Analisis Tingkat Kualitas Modul Ajar Mahasiswa Jenjang Pendidikan Dasar melalui Pembuatan Modul Ajar
Kualitas modul ajar yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada semester sebelumnya
masih pada tingkat kualitas rendah dan sedang. Riset ini bertujuan meningkatkan kualitas modul ajar
yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada tingkat kualitas tinggi. Metode riset yang
diadopsi metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa modifikasi, dengan tahapan
perencanaan/pembuatan modul ajar, pengecekan tingkat plagiat modul ajar melalui aplikasi turnitin,
perbaikan, pengecekan kembali dan seterusnya dengan pola siklus hingga kualitas modul ajar yang
ditargetkan berada pada tingkat plagiat dibawah 25%. Jumlah sampel riset 25 mahasiswa. Riset
menunjukan hasil bahwa semua mahasiswa (100% mahasiswa) melakukan pengecekan tingkat
plagiat dengan menggunakan aplikasi turnitin lebih dari satu kali. Nilai rata-rata akhir pengecekan
plagiat 5,96%. Kualitas modul ajar mahasiswa jenjang pendidikan dasar meningkat sebesar 80%.
Dosen sebaiknya membiasakan mahasiswa untuk mengecek tugas kerja mahasiswa melalui aplikasi
turnitin sebelum dikumpulkan.