Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Sistematis
By NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd
19 Jul 2025
Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Sistematis
Budaya yang berkembang di masyarakat dapat dijadikan bahan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Karya tulis ilmiah ini ditulis dengan menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR). SLR merupakan metode untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan meringkas beberapa penelitian tentang suatu topik tertentu. Artikel yang dikaji mencakup total 210 artikel tentang etnomatematika dalam pendidikan matematika sekolah dasar, yang dikumpulkan dari basis data Perpusnas, Publish or Perish, Google Scholar, dan Scopus selama 10 tahun terakhir. Untuk SLR, digunakan 4 artikel. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa etnomatematika merupakan disiplin ilmu yang dapat diterapkan dalam pendidikan matematika di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa matematika etnik dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran, terutama bagi anak-anak di sekolah dasar. Banyak variasi budaya yang dapat direpresentasikan dalam etnomatematika, seperti permainan tradisional, struktur bangunan, kuliner, dan kegiatan tradisional yang terdapat di desa. Dengan mengintegrasikan etnomatematika ke dalam pendidikan matematika di sekolah dasar, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman matematika yang lebih dalam, memperkuat identitas budaya mereka, dan menghargai keberagaman budaya.