Peningkatan keterampilan Berbicara Anak Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Anak di TK Melati Indah
By JONI S.Pd.I, M.Pd
31 Jul 2025
Peningkatan keterampilan Berbicara Anak Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Anak di TK Melati Indah
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan metode pembelajaran Talking Stick di TK Melati Indah.
Keterampilan berbicara merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan sejak
dini, terutama dalam hal artikulasi, pengembangan kosakata, dan pembentukan
kalimat. Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan berbicara anak-anak di
TK Melati Indah masih rendah, ditunjukkan dengan banyaknya anak yang belum
mampu menjawab pertanyaan guru dengan jelas dan lengkap. Anak-anak cenderung
mengalami kesulitan dalam berbicara dengan artikulasi yang tepat serta tidak
mampu menyusun kalimat secara lengkap. Selain itu, penggunaan metode
pembelajaran yang kurang bervariasi dianggap sebagai faktor yang menghambat
perkembangan keterampilan berbicara anak. Metode Talking Stick dipilih sebagai solusi karena metode ini dinilai
dapat meningkatkan keaktifan anak dalam berbicara dengan suasana yang
menyenangkan. Dalam metode ini, anak-anak diminta untuk memegang tongkat dan
wajib menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Proses pembelajaran ini
diharapkan mampu melatih keterampilan berbicara anak, meningkatkan rasa percaya
diri, serta membiasakan anak untuk menyampaikan pendapat secara lisan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
signifikan pada keterampilan berbicara anak. Anak-anak menunjukkan perkembangan
dalam hal artikulasi yang lebih jelas, penggunaan kosakata yang lebih variatif,
serta kemampuan membentuk kalimat yang lebih baik. Dengan demikian, metode Talking Stick efektif dalam meningkatkan
keterampilan berbicara anak di TK Melati Indah.