Penggunaan Metode Shared Reading untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas 6 Sekolah Dasar
By IIS APRINAWATI S.Pd, M.Pd
12 Aug 2025
Penggunaan Metode Shared Reading untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas 6 Sekolah Dasar
Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah
dasar, yang terlihat dari kesulitan siswa dalam menemukan ide pokok,
menyimpulkan bacaan, serta menjawab pertanyaan eksplisit dan implisit. Salah
satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan
menerapkan metode shared reading.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai melalui metode shared reading. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi,
dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah
diterapkan metode shared reading. Pada tahap prasiklus hanya 24% siswa yang
mencapai KKM, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 80% siswa yang
tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 78,44. Peningkatan ini
menunjukkan bahwa metode shared reading efektif dalam meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa sekolah dasar.