Research

  • Published Date: 16 Aug 2021
  • Modified Date: 16 Aug 2021

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 41 PEKANBARU

By. Dr. MUSNAR INDRA DAULAY S.Pd, M.Pd

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 41 Pekanbaru. Media komik yang berisi gambar khas yang berurutan dan dilengkapi dengan paduan kata-kata dibuat menarik sehingga harapannya dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam bahasa Indonesia terutama dalam materi membaca cerita anak. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak aspek membaca pemahaman di kelas IV SDN 41 Pekanbaru masih menggunakan media teks bacaan sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Hal ini disebabkan karena belum tersedianya media untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia, sehingga kegiatan pembelajaran aspek membaca monoton dan kurang menarik serta berdampak pada rendahnya nilai membaca pemahaman siswa.

Berpijak pada permasalahan yang ada yaitu belum tersedianya media untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, maka media komik adalah media yang akan membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman serta menambah variasi media dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Terdapat dua alasan penggunaan media komik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pertama, hampir seluruh media pembelajaran untuk aspek membaca pemahaman adalah teks bacaan yang membuat siswa kesulitan memahami isi dari bacaan tersebut. Kedua, karena nilai aspek membaca pemahaman siswa kelas IV yang rendah. Dengan adanya media berbentuk komik diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami suatu bacaan sehingga keterampilan membaca pemahaman pun ikut meningkat.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretest-postest, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif.