Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Efektivitas pendekatan Kontekstual-saintifik guna meningkatkan hasil belajar geografi pada materi litosfer kelas X SMAN 14 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMAN 14 Pekanbaru yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 64 siswa yaitu 32 siswa pada kelompok kontrol dengan pendekatan konvensional dan 32 siswa pada kelompok eksperimen dengan pendekatan Kontekstual-Saintifik. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan independen sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari hasil belajar geografi siwa yang belajar menggunakan pendekatan Kontekstual-saintifik dengan siswa yang hanya belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 22,87 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 13,72. Kenaikan rerata kelas eksperimen yang lebih tinggi membuktikan bahwa hasil belajar geografi pada materi Dinamika Penduduk menggunakan pendekatan Kontekstual-saintifik lebih baik peningkatannya dibanding menggunakan metode ceramah. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pendekatan Kontekstual-saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMAN 14 Pekanbaru.