Research

  • Published Date: 02 Sep 2021
  • Modified Date: 02 Sep 2021

ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR

By. SUMIANTO S.Pd, M.Pd

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perubahan cara pembelajaran guru dari pembelajaran langsung atau luar jaringan (Luring) menjadi pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (Daring). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterelaksanaan PJJ yang dilakukan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Al Halim SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru, subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa guru kelas V Al Halim telah melaksanakan kegiatan PJJ dengan baik. guru telah membuat perencanaan sebelum mengajar lengkap dengan materi dan media pembelajaran yang bervariasi dan didominasi oleh video pembelajaran. Daya dukung jaringan internet dan media pelaksanaan PJJ sudah sangat memadai dan mendapat dukungan dari pihak sekolah, yayasan termasuk orang tua siswa. Evaluasi yang dilakukan guru telah sesuai dengan kebutuhan siswa, yaitu evaluasi berdasarkan proses (Otentik) dan tugas mandiri di rumah.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Jaraj jauh, Sekolah Dasar