ABSTRAK
Penelitian
ini dilatar belakangi adanya perubahan cara pembelajaran guru dari pembelajaran
langsung atau luar jaringan (Luring) menjadi pembelajaran dilakukan secara
jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (Daring). Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan bagaimana keterelaksanaan PJJ yang dilakukan guru. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V Al Halim SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru,
subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
diketahui bahwa guru kelas V Al Halim telah melaksanakan kegiatan PJJ dengan
baik. guru telah membuat perencanaan sebelum mengajar lengkap dengan materi dan
media pembelajaran yang bervariasi dan didominasi oleh video pembelajaran. Daya
dukung jaringan internet dan media pelaksanaan PJJ sudah sangat memadai dan
mendapat dukungan dari pihak sekolah, yayasan termasuk orang tua siswa.
Evaluasi yang dilakukan guru telah sesuai dengan kebutuhan siswa, yaitu
evaluasi berdasarkan proses (Otentik) dan tugas mandiri di rumah.
Kata Kunci: Pembelajaran
Jaraj jauh, Sekolah Dasar