Research

  • Published Date: 18 Nov 2021
  • Modified Date: 18 Nov 2021

KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK TAMAN KANAK-KANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19

By. MOH FAUZIDDIN S.Ag, M.Pd

Penelitian ini dilatar belakangi oleh diberlakukannya pembelajaran daring (dalam jaringan) akibat pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) belajar dari rumah. Keterlibatan orang tua menjadi sebuah keharusan untuk mendampingi putra-putrinya selama kegiatan belajar dari rumah. Subjek penelitian adalah anak TK di kabupaten Kampar. Asumsi peneliti dari wawancara awal didapati rendahnya pengetahuan orang tua terhadap teknologi dan ketersediaan sarana prasarana menjadi kendala utama dalam kegiatan belajar dari rumag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak selama kegiatan belajar dari rumah dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah para orang tua anak TK di kabupaten Kampar yang diambil menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket menggunakan google form. Penelitian ini menghasilkan lima tema utama yang berkaitan dengan keterlibatan orangtua yakni: : 1) gambaran pola asuh orang tua di rumah, 2) gambaran komunikasi orang tua dengan anak dan guru, 3) upaya orangtua dalam mendampingi anak belajar, 4) gambaran sikap orang tua dalam pengambilan keputusan, dan 5) gambaran kerjasama orang tua, anak dan guru. Hasil penelitian ini dapat menjadi pandangan bagi orangtua ketika mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi