Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi bangun
ruang sisi datar kelas VIII SMP N 11 Tapung. Krakteristik LKPD yang diukur
adalah kevalidan, kepraktisan dan kefektivan. Pengembangan LKPD tersebut juga
sebagai upaya untuk memotivasi belajar peserta didik karena dengan adanya
pengembangan LKPD ini siswa akan termotivasi belajarnya. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
plomp. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian adalah Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi
datar kelas VIII. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah ahli isi dan
kegrafikan merupakan dosen ahli dibidangnya, ahli bahasa dan kebudayaan
merupakan dosen ahli dibidangnya serta peserta didik siswa kelas VIII SMP
negeri 11 Tapung. Penentuan subjek peserta didik dilakukan secara random sampling, yang terdiri dari 9
orang untuk uji perorangan dan uji kelompok kecil, serta 16 peserta didik untuk
uji lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, angket ini digunakan
untuk menilai kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika. Hasil penelitian
menunjukan bahwa, penilaian kevalidan oleh validator isi dan kegrafikan
mencapai 85,71% dan penilaian oleh validator bahasa dan kebudayaan mencapai
93,28%, sehingga Lembar Kerja Pesrta Didik ini telah dinyatakan sangat valid
oleh validator. Untuk penilaian kepraktisan Lembar Kerja Peserta didik pada
tahap perorangan mencapai 83,5% dan pada tahap kelompok kecil mencapai 86,84%,
hasil pada tahap perorangan dan kelompok kecil menunjukan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) ini telah dinyatakan praktis digunakan. Pada hasil penilaian
keefektivan diperoleh dari nilai pretest dan
posttest, dari hasil uji Paired Sample Test diperoleh
sig.(2-tailed) yang bernilai .000, dimana jika sig.(2-tailed) < 0,05 maka
terdapat pengaruh pada tindakan yang diberikan.