Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap
pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian deskriptif dengan teknik meta analisis,
dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dari 32 artikel yang membahas tentang penerapan
model pembelajaran predict observe explain
dan pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar yang terbit pada jurnal terakreditasi dalam 10 tahun
terakhir hanya didapatkan 4 artikel yang membahas
keduanya (penerapan model
pembelajaran predict observe
explain terhadap pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar). Simpulan
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap pemahaman konsep sains siswa di
sekolah dasar sangat jarang dilakukan. Langkah-langkah model pembelajaran predict observe explain yang diterapkan
berbeda satu dan lainnya. Begitupun dengan aspek-aspek pemahaman konsep yang
diteliti berbeda satu dengan lainnya. Perlu pendampingan berkelanjutan bagi
guru- guru SD untuk dapat mengimplementasikan langkah-langkah model
pembelajaran predict observe explain dan
aspek-aspek pemahaman konsep yang sesuai dengan teori aslinya.