Research

  • Published Date: 12 Feb 2022
  • Modified Date: 12 Feb 2022

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Pemahaman Konsep Sains Siswa di Sekolah Dasar

By. Dr. RAMDHAN WITARSA S.Pd, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik meta analisis, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 artikel yang membahas tentang penerapan model pembelajaran predict observe explain dan pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar yang terbit pada jurnal terakreditasi dalam 10 tahun terakhir hanya didapatkan 4 artikel yang membahas keduanya (penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap pemahaman konsep sains siswa di sekolah dasar sangat jarang dilakukan. Langkah-langkah model pembelajaran predict observe explain yang diterapkan berbeda satu dan lainnya. Begitupun dengan aspek-aspek pemahaman konsep yang diteliti berbeda satu dengan lainnya. Perlu pendampingan berkelanjutan bagi guru- guru SD untuk dapat mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran predict observe explain dan aspek-aspek pemahaman konsep yang sesuai dengan teori aslinya.