Research

  • Published Date: 24 Jul 2021
  • Modified Date: 24 Jul 2021

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KONSENTRASI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DI UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI TAHUN AJARAN 2020/2021

By. NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd

Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam belajar. Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan focus pada pelajaran yang sedang dijelaskan oleh dosen, tidak mengobrol dan tidak bermain saat pelajaran berlangsung. Namun kenyataan yang ditemukan yaitu masih adanya mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsentrasi dalam belajar. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan konsentrasi belajar. Sampel penelitian adalah seluruh mahamahasiswa semester I A prodi PGSD di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 52 mahamahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total (total sampling). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa tergolong baik dengan persentase sebesar 88,46%, dan konsentrasi belajar mahasiswa juga tergolong baik dengan persentase 73,08%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai rxy > rtabel (0,410 > 0,226) dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan konsentrasi belajar mahasiswa PGSD di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.