Research

  • Published Date: 16 Mar 2022
  • Modified Date: 16 Mar 2022

ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN PADA KB PELITA HATI IBU DESA SUNGAI PINANG KECAMATAN TAMBANG

By. JONI S.Pd.I, M.Pd

Salah satu lembaga pendidikan yang juga mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini adalah Kelompok Bermain (KB) Pelita Hati Ibu yang beralamatkan Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Lembaga pendidikan ini memberikan andil dalam usaha memberikan pendidikan yang unggul dan berbasis nilai-nilai keislaman sejak usia dini.

Peneliti memfokuskan penelitian pada analisis manajemen program pembelajaran pada KB Pelita Hati Ibu Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang

Mengingat belum adanya penelitian untuk mengkaji mengenai manajemen program kelompok bermain (KB), dan masih minimnya informasi tentang manajemen KB Pelita Hati Ibu, maka peneliti mempunyai inisiatif melaksanakan penelitian tentang analisis manajemen program pembelajaran pada KB Pelita Hati Ibu Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang, sebagai tugas tri dharma perguruan tinggi. Penelitian ini selain mencangkup manajemen program pembelajaran juga untuk mendeskripsikan apakah fungsi-fungsi manajemen pada program kelompok bermain (KB) sudah dijalankan sesuai dengan fungsinya atau belum. Manajemen yang dipergunakan dengan merujuk pada fungsi manajemen menurut Terry (1970) yakni fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambatnya, serta manfaatnya bagi pengelola lembaga, pendidik dan orang tua peserta didik.