Research

  • Published Date: 24 Jul 2021
  • Modified Date: 24 Jul 2021

KORELASI KEMAMPUAN METAKOGNISI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS RENDAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DI UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI TA. 2020/2021

By. NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd

Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan seseorang dalam mengontrol proses berpikirnya. Proses berpikir biasa terjadi ketika aktivitas belajar berlangsung, sehingga kemampuan metakognisi berkaitan erat dengan aktivitas belajar mahasiswa sehingga berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar pendidikan matematika kelas rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas II B yang berjumlah 65 orang mahasiswa. Dengan mengambil sampel menggunakan metode Krejcie dan Morgan dari anggota populasi maka didapatkan sampel berjumlah 56 orang mahasiswa. Data kemampuan metakognisi mahasiswa diperoleh dari pengerjaan instrumen Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan observasi mahasiswa, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil UAS pendidikan matematika kelas rendah. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment.