Perangkat pembelajaran merupakan perangkat-perangkat
yang digunakan dalam proses pembelajaran yang terdiri dari silabus, rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan tes hasil belajar. Satu dari
bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah adalah
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan LKPD berbasis PBL untuk materi matematika semester I
kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian disain (Design Research)
untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk. Model pengembangan yang
digunakan diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Plomp dan dinyatakan
sebagai model penelitian Plomp. validitas aspek didaktik, isi dan bahasa pada
LKPD berbasis Problem based learning sudah memenuhi kriteria valid dengan
rata-rata validitas secara keseluruhan adalah
3,43 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi dari para
validator menunjukkan bahwa telah
dihasilkan LKPD berbasis problem based learning yang valid baik dari segi isi,
konstruk, dan bahasa, dengan karakteristik seperti LKPD yang dihasilkan telah
disesuaikan dengan ciri-ciri dari problem based learning. Berdasarkan
angket yang diberikan kepada siswa bahwa Nilai praktikalitas 90,2 %, kemudian
angket yang diberikan kepada guru bahwa Nilai praktikalitas 92 %, berdasarkan
tabel praktikalitas bahwa nilai praktikalitas bernilai sangat praktis. Hasil
penelitian juga menunjukan LKPD memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik
yaitu adanya kemudahan dalam penggunaan LKPD berbasis problem based learning