Penelitian
dilatarbelakangi perlunya pengembangan kompetensi profesional guru di sekolah
dasar agar kualitas guru yang bersangkutan bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengembangan kompetensi profesional guru
di sekolah dasar. Metode penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Responden berjumlah 11 guru dengan komposisi 5 guru laki-laki dan 6 guru
perempuan. Tahapan penelitian pralapangan, lapangan, dan analisis data. Hasil
penelitian menunjukan kompetensi profesional guru di sekolah dasar berada pada
kategori sedang. Perlu pengembangan kompetensi profesional guru sekolah dasar
secara berkelanjutan agar kompetensi profesional guru yang bersangkutan bisa
dipertahankan bahkan ditingkatkan. Pengembangan kompetensi profesional guru
sekolah dasar bisa dikembangkan melalui pengoptimalan kelompok kerja guru yang
diadakan secara periodik setiap minggunya dengan mendatangkan ahli dari
perguruan tinggi. Kompetensi profesional guru yang harus terus dikembangkan
salah satunya adalah keterampilan penguasaan teknologi dan informasi.