Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran
bimbingan dan konseling belajar dalam meningkatkan motivasi belajar
matematika pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Pekanbaru dan
mendeskripsikan tentang peran guru BK dalam memotivasi peserta didik
dalam belajar. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif, yaitu dengan informasi, fakta-fakta yang benar dan dapat
dipertanggung jawabkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK kelas
VII. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan
teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan
oleh Milles dan Hubermen yaitu reduksi data, display data, mengambil
keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah miliki
ruang kerja bimbingan dan konseling, memiliki ruangkonseling individu yang
memadai dan guru BK berperan sebagai motivator dan sebagai pembimbing
dalam hal memotivasi belajar matematika dan mewujudkan tujuan bimbingan
dan konseling secara optimal