Pertumbuhan
dan perkembangan anak di Indonesia masih memerlukan perhatian serius, dimana
angka kejadian keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan masih cukup tinggi yaitu
sekitar 5?10 % anak mengalami keterlambatan dalam perkembangannya secara umum. Orang
tua memainkan peran dominan dalam proses untuk pengembangan komunikasi anak.
Perkembangan bahasa pada setiap anak akan berbeda antara satu dengan yang
lainnya, seperti dalam hal penguasaan, kecepatan dan kualitas. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua
dengan perkembangan bicara dan bahasa di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Kabupaten
Kampar. Penelitian
ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh ibu yang mempunyai anak usia pra
sekolah 3-6 tahun dari Januari s/d Juli 2022 sebanyak 95 orang dengan jumlah sampel adalah total populasi yaitu 95
orang. Hasil
penelitian yang didapatkan adalah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan
perkembangan bicara dan bahasa pada anak usia pra sekolah dengan nilai p = 0,000 (p?0,05). Diharapkan khususnya ibu sebaiknya dalam mendidik
anak disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mampu menerapkan
pola asuh yang optimal kepada anaknya.
Kata Kunci : Perkembangan Bicara dan Bahasa, Pola Asuh Orang Tua