Research

  • Published Date: 31 Aug 2022
  • Modified Date: 31 Aug 2022

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

 RINGKASAN

 

 

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik (bagian atas) dan diastolik (angka bawah) pada pemeriksaan tensi darah   dengan menggunakan alat ukur tekanan darah, keadaan peningkatan tekanan darah ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti stroke, gagal ginjal, dan hipertrofi ventrikel kanan (Pudiastuti, 2011).

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  faktor – faktor yang berhubungan dengan kejaidian hipertensi  di desa Naumbai  kecamatan  Kampar  kabupaten  Kampar  tahun 2022. Penelitian    ini  bersifat    deskriptif  analitik yang  bertujuan  untuk  mengetahui faktor yang behubungan dengan kejadian hipertensi  di  desa  Naumbai kabupaten Kampar. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  masyarakat yang berada di desa Naumbai, jumlah populasi pada penelitian ini adalah 235 orang. Gambaran umum responden adalah responden dengan rentang umur 20 hingga 65 tahun dimana umur rata-rata adalah 40,55 tahun; sebagain besar responden:berjenis kelamin perempuan, berpendidikan tamat SMA/sederajad, bekerja sebagai ibu rumah tangga, mempunyai riwayat keluarga dengan hipertensi, responden tidak pernah mengonsumsi makanan asin, responden tidak pernah mengonsumsi makanan lemak jenuh, responden tidak obesitas, responden tidak pernah merokok, responden stress, dan responden mempunyai kebiasaan olah raga rutin. Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran subjek penelitian akan risiko kejadian hipertensi di lingkungan tempat tinggalnya dan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi.