Kompetensi guru adalah kompetensi dan atau pengetahuan, kemampuan serta keterampilan
yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi guru ini terdiri dari empat kompetensi,
yaitu: kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kompetensi profesional guru pada suatu lembaga pendidikan anak usia dini
yang selama ini belum diperhatikan secara maksimal. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu:
pengumpulan data, reduksi data, pengolahan data, dan kesimpulan. Data-data pada
penelitian ini bersumber dari 10 orang guru di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini
di Kabupaten Kampar, Riau. Hasil penelitian ini dapat menunjukan kompetensi profesional
guru (kompetensi metodik dan kompetensi sosial) pada lembaga pendidikan anak usia dini
yang meningkat selama penelitian ini dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi
acuan untuk perbaikan ketiga kompetensi guru lainnya dalam meningkatkan kompetensi
pribadi, sosial, dan pedagogik.