Research

  • Published Date: 10 Apr 2023
  • Modified Date: 10 Apr 2023

Faktor – faktor yang berhubungan dengan beban kerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Bangkinang

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

RINGKASAN

 

 

Menurut Undang-Undang RI No 38 tahun 2014, perawat adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan telah diakui oleh pemerintah. Pelayanan keperawatan merupakan bentuk pelayanan profesional dari pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat baik sehat maupun sakit. Perawat dalam memberikan pelayanannya dilakukan secara konstan, terus-menerus, dan menjadi kontribusi dalam menentukan kualitas rumah sakit.(Ahmad and Millah, 2021)

Pelayanan yang diberikan oleh perawat masih sering dikeluhkan oleh masyarakat. Sorotan terhadap kinerja perawat merupakan masalah yang harus segera ditanggulangi, sebab pelayanan keperawatan menentukan mutu pelayanan rumah sakit. Kinerja yang kurang baik akan berdampak terhadap rendahnya pelayanan, pasien akan merasa kurang nyaman dan tidak puas terhadap pelayanan. Kinerja dalam hal ini erat kaitannya dengan seberapa besar beban kerja perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan. Semakin rendah beban kerja perawat semakin baik kinerja yang akan di berikan (Ahmad and Millah, 2021)

Beban kerja adalah sejumlah proses atau kegiatan  yang  harus  diselesaikan  oleh seseorang    pekerja    dalam    jangka    waktu tertentu.   Apabila   seoran pekerja   mampu  menyelesaikan dan menyesuaikan diri terhadap sejumlah tugas yang diberikan, maka hal tersebut tidak menjadi suatu beban kerja. namun jika pekerja tidak berhasil maka tugas dan kegiatan tersebut menjadi suatu beban kerja (Efendy and Hutahaean, 2022)