Research

  • Published Date: 14 Apr 2023
  • Modified Date: 14 Apr 2023

PENGARUH SUPLEMENTASI KALDU JAMUR KADALUARSA TERHADAP PRODUKTIVITAS TELUR AYAM KAMPUNG

By. MAULINA NOVITA S.Pt, M.Si

Kebutuhan gizi masyarakat Indonesia mengalami peningakatan. Salah satu faktor yang menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat adalah terpenuhinya kebutuhan protein hewani. Pencapaian pemenuhan gizi masyarakat Indonesia tidak cukup seperti yang diinginkan pemerintah dimana energi dari protein seharusnya 5-15%, energi dari lemak seharusnya 25-55% dan energi dari karbohidrat seharusnya 40-60%. Data tersebut juga bersesuai dengan nilai konsumsi kalori masyakat kita di tahun 2011 mencapai 1.952,01 kkal, dan mengalami pelemahan nilai konsumsi kalori di tahun 2012 sebesar 99.37 kkal.

Ternak Ayam kampung (Gallus gallus domestica) merupakan contoh hewan ternak yang bisa memenuhi kebutuhan nutisi pokok masyarakat. Dimana produksi dari ayam kampung seperti telur dan daging ayam dapat menyediakan nutrisi seperti protein. Telur ayam kampung merupakan salah satu bahan makanan yang praktis digunakan dan tidak memerlukan pengolahan yang sulit. Telur ayam kampung mempunyai kandungan vitamin E lebih banyak 2 kali lipat dibandingkan dengan telur ayam ras dan memiliki kandungan lemak omega-3 2,5 kali lebih unggul.

Selama ini masih banyak peternak ayam ras petelur yang menambahkan feed additive berupa antibiotik sintetis atau biasa disebut AGP (Antibiotic Growth Promotor) sebagai imbuhan pakan untuk menjaga performa produktivitas yang tinggi pada ternaknya. Penemuan-penemuan terbaru mengatakan bahwa dengan penambahan AGP dalam dosis tertentu mampu menghasilkan resistensi pada manusia yang diakibatkan oleh residu antibiotik yang terdapat dalam produk ternak akibat penambahan antibiotik yang berlebih. Mengacu pada efek negatif penggunaan AGP tersebut terdapat beberapa penelitian menggunakan tanaman herbal berupa jamur.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui level pemanfaatan kaldu jamur kadaluarsa sebagai suplemen ayam kampung dalam meningkatkan produktivitas telur ayam kampung.