Research

  • Published Date: 07 Jun 2023
  • Modified Date: 07 Jun 2023

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DI UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI TAHUN AJARAN 2022/2023

By. NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya mahasiswa yang kesulitan belajar dalam memahami materi pecahan karena ketidakmampuan menggunakan konsep matematika secara benar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan dan bagimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu kesulitan belajar yang dihadapi siswa memiliki tiga komponen: kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam mengidentifikasi dan memahami simbol, dan kesulitan bahasa dan membaca. Faktor penyebab masalah belajar siswa antara lain faktor internal dan faktor eksternal siswa faktor internal  antara  lain  lambatnya  pemahaman  materi  dan  kegagalan  menguasai  keterampilan  yang diperlukan,  dan  faktor  khusus  siswa  yang  terwujud  sebagai  keengganan  terhadap  mata  pelajaran matematika  sehingga  menimbulkan  sikap  negatif  sehingga  guru  tidak  memperhatikan.  Faktor eksternal antara lain metode yang digunakan tetap tidak berubah yaitu metode ceramah, siswa tidak benar-benar terlibat dalam pembelajaran dan sarana dan prasarana masih kurang memadai. Kemudian upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru dapat menerapkan pembelajaran diferensiasi secara optimal.