Model
pembelajaran technological pedagogic and
content knowledge tidak pernah diterapkan di sekolah dasar. Model
pembelajaran technological pedagogic and
content knowledge merupakan salah satu model pembelajaran yang secara
khusus bertujuan untuk mengembangkan kognisi siswa sekolah dasar. Riset ini
bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran technological pedagogic and content
knowledge terhadap kognisi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada
riset ini adalah kuasi eksperimen. Metode ini memiliki sembilan tahapan, yaitu:
tinjauan literatur, mengidentifikasi dan membatasi masalah riset, mengembangkan
hipotesis riset, membuat desain riset, melakukan pretes, melakukan percobaan,
melakukan postes, pengolahan dan analisis data, serta penarikan kesimpulan.
Sampel riset berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa pada kelas
eksperimen dan 10 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah tes kognisi siswa. Hasil riset menunjukan bahwa model pembelajaran technological pedagogic and content
knowledge berpengaruh signifikan terhadap kognisi siswa sekolah dasar pada
kelas A/eksperimen. Model pembelajaran technological
pedagogic and content knowledge harus bisa lebih sering diterapkan di kelas
apabila guru secara khusus ingin meningkatkan kognisi siswa.