Research

  • Published Date: 30 Jul 2023
  • Modified Date: 30 Jul 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPACK TERHADAP KOGNISI SISWA SEKOLAH DASAR

By. Dr. RAMDHAN WITARSA S.Pd, M.Pd

Model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge tidak pernah diterapkan di sekolah dasar. Model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge merupakan salah satu model pembelajaran yang secara khusus bertujuan untuk mengembangkan kognisi siswa sekolah dasar. Riset ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge terhadap kognisi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada riset ini adalah kuasi eksperimen. Metode ini memiliki sembilan tahapan, yaitu: tinjauan literatur, mengidentifikasi dan membatasi masalah riset, mengembangkan hipotesis riset, membuat desain riset, melakukan pretes, melakukan percobaan, melakukan postes, pengolahan dan analisis data, serta penarikan kesimpulan. Sampel riset berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa pada kelas eksperimen dan 10 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes kognisi siswa. Hasil riset menunjukan bahwa model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge berpengaruh signifikan terhadap kognisi siswa sekolah dasar pada kelas A/eksperimen. Model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge harus bisa lebih sering diterapkan di kelas apabila guru secara khusus ingin meningkatkan kognisi siswa.