Research

  • Published Date: 15 Aug 2023
  • Modified Date: 15 Aug 2023

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated ReadingAnd Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards di SDN 163 Pekanbaru.

By. IIS APRINAWATI S.Pd, M.Pd

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas ditemui sebagian siswa malas dan tidak semangat dalam membaca dan merasa bosan dalam pembelajaran. Siswa tidak fokus terhadap bacaan sehingga ketika menjawab soal berdasarkan hasil bacaan siswa menjawab tidak sesuai dengan yang diharapkan dan membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab soal. Masih terdapat siswa yang sulit untuk membedakan gagasan utama dan gagasan penjelas.Selain itu siswa kurang tertarik pada pelajaran Bahasa Indonesia.Siswa memiliki anggapan bahwa Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang sulit karena jawaban atas soal yang dikerjakan cenderung meragukan.Sehingga hasil belajar Bahasa Indonesia siswapun rendah. Di samping itu, penyajian pembelajaran masih dilakukan dalam aktivitas yang monoton, di mana siswa hanya disuruh membaca di dalam hati kemudian menjawab soal.

Berangkat dari permasalahan kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap teks bacaan tersebut, maka perlu untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahamannya. Dalam mengajarkan membaca pemahaman ada beberapa model yang bisa diterapkan, salah satunya adalah model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Menurut Slavin dalam Liani (2018) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC adalah sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis, dan seni berbahasa pada kelas yang lebih tinggi di Sekolah Dasar. Lebih lanjut Slavin juga mengatakan bahwa tujuan utama dari pembelajaran CIRC adalah menggunakan tim-tim kooperatif untuk membantu para siswa mempelajari kemampuan memahami bacaan yang dapat diaplikasikan secara luas.