Research

  • Published Date: 08 Sep 2023
  • Modified Date: 24 Feb 2024

Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Mandau

By. Dr. ADITYAWARMAN HIDAYAT S.Pd, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Self Directed Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Mandau.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan model penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mandau dengan jumlah peserta didik 85 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik random sample. Subjek penelitian dibagi menjadi dua yaitu kelas XI 1 sebagai kelas Discovery Learning dan kelas XI 2 sebagai kelas  Self Directed Learning.

Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen posttest (tes hasil belajar) yang telah divalidasi.