Perangkat
pembelajaran merupakan perangkat-perangkat yang digunakan dalam proses
pembelajaran yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),
bahan ajar, dan tes hasil belajar. Satu dari bahan ajar cetak yang digunakan
dalam proses pembelajaran di sekolah adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Tujuan dari penelitian ini
adalah Menghasilkan
LKPD berbasis PBL untuk materi
matematika semester I kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian disain (Design Research) untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah
produk. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model yang
dikembangkan oleh Plomp dan dinyatakan sebagai model penelitian Plomp. validitas
aspek didaktik, isi dan bahasa pada LKPD berbasis Etnomatematika sudah memenuhi
kriteria valid dengan rata-rata validitas secara keseluruhan adalah 85,71
dengan kategori sangat valid. Hasil validasi dari para validator menunjukkan
bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis etnomatematika
yang valid baik dari segi isi, konstruk, dan bahasa, dengan karakteristik
seperti LKPD
yang dihasilkan telah
disesuaikan dengan ciri-ciri dari etnomatematika. Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa bahwa
Nilai praktikalitas 81,38 %, kemudian angket yang diberikan kepada guru bahwa Nilai praktikalitas
80
%, berdasarkan tabel praktikalitas bahwa nilai praktikalitas bernilai
sangat praktis. Hasil penelitian juga
menunjukan LKPD memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik yaitu adanya
kemudahan dalam penggunaan LKPD berbasis etnomatematika