Research

  • Published Date: 10 Oct 2023
  • Modified Date: 10 Oct 2023

KELIMPAHAN UDANG AIR TAWAR DI SUNGAI KAMPAR YANG BERNILAI EKONOMIS

By. Dr. SYAMSUL BACHRY. H S.Si, M.Si

Sumberdaya perikanan air tawar yang sangat potensial untuk dibudidayakan secara komersial adalah udang. Pertumbuhan yang cepat, ukuran yang besar, tingkat prevalensi penyakit yang rendah, dan permintaan pasar yang luas, baik pasar domestik maupun ekspor, merupakan potensi yang menjadikan komoditas ini memegang peran penting dalam usaha budidaya perikanan air tawar di Indonesia.

 

Beberapa laporan bahwa jenis udang mengalami penurunan di Sungai Kampar. Semakin jarangnya didapatkan disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain perubahan lingkungan seperti pembukaan lahan di bantaran sungai (perkebunan, pertanian, pemukiman) dan pencemaran. Pertambahan kawasan pemukiman penduduk di bantaran sungai baik di bagian hulu dan hilir sungai Kampar. Kegiatan perkebunan, pertanian, pemukiman dan industri yang terdapat di bantaran sungai akan meningkatkan pencemaran perairan dan menyebabkan kualitas air sungai menurun. Aktivitas penangkapan udang air tawar mengalami penurunan, sehingga nelayan penangkap udang sudah tidak terlalu banyak seperti dulu. Penangkapan udang air tawar bukan menjadi aktivitas utama nelayan tetapi aktivitas sambilan.

 

Udang merupakan salah satu makroinvertebrata yang dapat ditemukan di sekitar Danau Bunter. Jenis udang yang ada di Danau Bunter diduga memiliki kesamaan jenis dengan udang yang ada di Sungai Kampar. Jenis udang yang terdapat di Sungai Kampar termasuk genus Macrobrachium. Selain itu, didapatkan tiga spesies udang air tawar, ketiga spesies tersebut adalah: M. mammilodactylus, M. lanchesteri dan M. rosenbergii (udang galah).

 

Sementara itu informasi jenis udang air tawar di kolam-kolam kecil Sungai Kampar belum ada laporan. Udang-udang yang berada di wilayah ini sudah mengalami penurunan diduga karena adanya aktivitas manusia seperti penambangan pasir, pembuangan limbah rumah tangga ke sungai, dan eksploitasi yang berlebihan tanpa memperhatikan musim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman ikan-ikan famili Bagridae di perairan Sungai Kampar Kiri, Pekanbaru, Provinsi Riau.

 

 

Kata Kunci: Aktivitas manusia, Ekspoloitasi, Udang air tawar, Kolam sungai